GAMES PADA MAPEL BK

Pada umumnya Pembelajaran yang disenangi para peserta didik adalah pembelajaran yang memuat kenyamanan dan ketertarikan atas mata pelajaran yang dimaksudkan. dalam bimbingan konseling, pembelajaran yang menarik dan nyaman akan  membantu peserta didik memahami atau mengerti materi yang telah disampaikan.

Bimbingan konseling sebagai salah satu matapelajaran tentang budi pekerti dan pengembangan diri, tentunya memiliki kiat-kiat khusus mengajak peserta didik untuk mampu bertumbuh kembang secara sehat dan membuat matapelajaran bimbingan konseling menjadi menarik untuk diikuti.

berikut beberapa games yang dilakukan oleh guru-guru BK

1. Berdiri diatas koran
dalam satu kelas siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tugas kelompok adalah berdiri diatas kertas koran tanpa menyentuh lantai. jika kelompok terjatuh atau keluar dari areal koran ia dinyatakan gugur. selama berdiri siswa diberikan waktu 5 detik untuk bertahan diatas koran sambil menyanyikan satu lagu dan bertepuk tangan. agar suasana lebih seru beri instruksi untuk melipat kertas koran lebih kecil, sehingga siswa garus berusaha bertahan diatasnya tanpa terjatuh.





2.  Rantai manusia
permainan ini bisa dimankan dalam jumlah besar. peserta didik diminta untuk saling bergandeng tangan membentuk lingkaran besar, lalu meminta siswa untuk berbalik tanpa melepas pegangan mereka.


3. Tupai, Pohon dan Angin

Permainan ini dimainkan masing-masing oleh 3 orang 2 orang berfungsi sebagai pohon, sedangkan 1 orang berunsi sebagai musang.
tata cara permainan :
fasilitator akan membuat suatu cerita, jika fasilitator menyebut kata pemburu maka tupai diminta untuk pindah ketempat /pohon lain, jika disebut dengan angin maka pohon berpindah tempat mencari tupai lain. sedangkan jika disebut dengan badai, baik musang dan pohon berpindah tempat. jika tersisa 1 orang yang tidak kebagian kelompok, ia mendapat sangsi untuk membuat cerita tentang musang,angin dan badai, sambil mencari tempat yang kosong untuk "hinggap"



Demikian Beberapa permaantinan yang diberikan BK selama masa pembelanjaran. semoga pembelajaran yang inspiratif dan inovatif senantiasa terlaksana secara kontinyu.

salam  BK

Komentar

Posting Komentar