Memang Siswa saja yang Belajar ?




Yuk ngobrol lagi, kali ini kita akan ngobrol soal belajar. Sekalian mimin mau curhat juga soal belajar juga ya. jadi tema kita hari ini adalah tentang belajar. biasanya yang identik dengan pelajaran dan belajar adalah siswa dan mahasiswa. tapi apa benar begitu ? memang siswa saja yang belajar ?

Tentu saja tidak. Guru juga belajar lo. Tiap hari. Malah mungkin semua orang juga belajar.

saat ini menjadi guru harus memiliki yang namanya sertifikat pendidik. Macem lisensi untuk mengajar. untuk mendapatkannya harus ikut ujian! iya, namanya Uji Kompetensi Guru (UKG). kalau lolos bisa ikut atau diajukan program berikutnya yang disebut Program Profesi Guru (PPG). Prosesnya juga panjang harus lolos administrasi sesuai syarat yang dibutuhkan untuk bisa mendaftar di PPG. setelah lolos baru bisa mengikuti PPG. terus ngapain saja ? ya digembleng buat belajar lagi soal ilmu kependidikan. menurut teman mimin yang sudah ikut PPG, diawal pelatihannya masuk hingga seminggu penuh! nah kalau bisa lolos baru dapat sertifikat pendidik.

cerita lain, ada juga orang yang hendak mendaftar untuk Ujian CPNS apa semua abai begitu saja ? tentu tidak pasti mau tidak mau mereka belajar lagi, berlatih soal, membuka-buka buku lagi.

kenapa orang susah payah ikut ujian, belajar lagi ? ya sudah jelaslah untuk mendapatkan hal yang lebih baik. sebenarnya kelihatan betulakn manfaatnya. tapi kenapa harus abai dengan belajar ?

Belajar sepanjang hayat ternyata benar,ya ? kalau kita berhenti belajar artinya kita mati. kata pak Habibie dalam satu wawancara, “kalian boleh punya IQ tinggi, tetapi kalau pemalas, tidak disiplin, forget it (lupakan saja)”.
jadi bagi kalian yang ngeluh kenapa ada ujian ? kenapa harus belajar ? ya karena ada yang ingin kita raih untuk dapat hasil yang lebih baik.
apalagi dengan adanya sistem pendidikan yang up to date dan dinamis terutama bagi siswa SMA yang hendak meneruskan ke perguruan tinggi harus disiapkan dari awal. sejak kelas 1 SMA.

kalian dituntut untuk mandiri tidak dicekoki dari guru saja tapi perlu juga untuk menggali dan mengeksplorasi dari media-media lain. jadi jangan mengeluh dengan ulangan dan ujian apalagi belajar. karena kita semua sama-sama berusaha untuk meraih kehidupan yang lebih baik

Salam,
Febriana K. Putri

Komentar

  1. Karena sebenernya proses tak akan pernah menghianati hasil. Good luck!

    BalasHapus

Posting Komentar